Berhentilah Mencemari Nama Baik Kami !


(Walt Disney Pictures)
Keaslian sebuah karya merupakan suatu kebanggaan bagi penulis atau penciptanya. Tak dipungkiri lagi bahwa tidak banyak orang yang memiliki kemampuan sebagai pencipta. Oleh karena itu apabila ia membuat hasil karya atau ciptaan yang dapat membuat orang lain terkesima, maka sangat besar kemungkinan karya itu akan terduplikasi.
Dan menurut sebuah penelitian, sebagian besar pelaku yang melakukan duplikasi itu setidaknya memiliki niat baik dalam hati untuk menyebarluaskan informasi itu. Tapi karena ketidakpahamannya mengenai hak cipta (sumber informasi) lah yang menyebabkan semua itu terjadi.

Tanpa mereka sadari bahwa ketika mereka menduplikasikan sebuah karya cipta tanpa membubuhi sumbernya akan menyebabkan isi informasi yang sebelumnya merupakan informasi yang penting, menjadi tercemari karena terkesan terlalu diumbar umbar. Apalagi jikalau pelaku itu terkenal sebagai tukang copy paste (copas). Makin memperburuk keadaan.

Kenyataannya, masih banyak pelaku seperti itu yang berkeliaran di dunia blogger gratisan seperti Blogspot atau Wordpress yang merupakan situs situs web tempat belajar pemula.

Tapi apabila sudah mahir. Dalam artian sudah beberapa tahun menggeluti dunia blog. Bisa jadi mereka sudah mengerti seluk beluk dunia blogging. Dan apabila ia masih melakukan duplikasi (plagiat). Mereka inilah yang patut di beri pelajaran. Tapi bukan pelajaran untuk membuatnya jera, melainkan supaya mereka paham bahwa tindakan mereka selama ini adalah sebuah kesalahan. Dan mereka memiliki kesempatan untuk memperbaikinya.

Jujur saja. Saya juga begitu ketika baru pertama kali mengenal dunia blogging. Copas sana sini. Tapi sekarang saya sudah tidak lagi. Posting posting saya yang dulu saya copas sudah saya hapus dan memulainya dengan perbaikan menuju lebih baik. Karena menulis dengan karya sendiri terasa menguntungkan sekaligus bisa mengasah kemampuan nalar saya.

So, bagi kawan kawan yang masih melakukan tindak pidana plagiasi itu, segeralah kalian berbenah dan rasakan manfaatnya !

Loh kok gambar di atas gak nyambung yah ? hehee,, biar banyak yang pe nasar an ajee,,

Gambar : viniedhafiyahmasrie.blogspot.com
Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Tinggalkan tanda bahwa anda pernah ada disini dengan berkomentar !

Klik aja seikhlasnya